Gerakan Aktifkan Posyandu
Diposting pada : 27 November 2023 / Dilihat : 138

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan gizi adalah melakukan pemantauan tumbuh kembang secara berkala, agar jika ditemukan permasalahan dapat segera ditangani. Salah satu tempat yang dekat dengan masyarakat untuk melakukan pemantauan tumbuh kembang adalah di Posyandu. Namun, data menunjukkan kunjungan masyarakat ke posyandu masih rendah.

Kegiatan posyandu diharapkan dapat aktif sehingga bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk pencegahan stunting. Melihat kondisi tersebut, diharapkan dukungan dari stakholder, termasuk kepala desa dan lurah untuk mendorong masyarakat ke posyandu dan meningkatkan kualitas pelayanan di posyandu, Sehingga pencegahan dan penurunan stunting dapat tercapai dan terwujudnya masyarakat yang sehat.

Aktivasi posyandu yang merupakan bagian dari upaya untuk memantau kualutas kesehatan dasar masyarakat merupakan langkah penting yang harus dilakukan dalam upaya mengakselerasi sejumlah pencapaian di bidang kesehatan nasional. Disamping itu perlu mempersiapkan kader-kader yang berkualitas dalam hal edukasi untuk mengajak masyarakat datang ke posyandu dan dalam hal keterampulan dalam melaksanakan semua kegiatan di posyandu dalam rangka pemenuhan gizi anak balita, ibu hamil dan menyusui.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu melalui seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Kamis 23 November 2023 menggelar Kegiatan Gerakan Aktifkan Posyandu, bertempat di Lapangan Bonobokon Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu. Hal ini dilaksanakan untuk mmeberikan edukasi terkait peningkatan kunjungan di Posyandu dan dalam hal akurasi pelayanan bermutu di posyandu, salah satunya memberi pengetahuan kepada kader untuk mengolah makanan tambahan kepada sasaran. Dengan trampilnya kader mengolah makanan tambahan untuk disuguhkan di posyandu maka daya tarik sasaran berkunjung ke posyandu akan meningkat.

Kegiatan ini melibatkan TP-PKK dan Kader Posyandu se Kota Kotamobagu, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas peserta tentang kegiatan pengembangan agar terwujud posyandu aktif serta memberikan pembinaan pada kader untuk meningkatkan kunjungan dan partisipasi masyarakat di Posyandu.