Workshop KAder Pelayanan Bagi Usia Produktif dan Lansia
Diposting pada : 04 Desember 2023 / Dilihat : 158

Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, melalui Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat melaksanakan Keguatan Workshop Kader Pelayanan Bagi Usia Produktif dan Lansia pada tanggal 28 sampai dengan 29 November 2023, bertempat di RM Rica-rica jalur 2 Kelurahan Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Timur.

Peran dan dukungan Pemerintah kepada Posyandu melalui Puskesmas dan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu sangat penting untuk memfasilitasi pelaksanaan berbagai kegiatan kesehatan masyarakat di posyandu. Kegiatan posyandu selama ini terlaksana dengan adanya peran masyarakat sebagai kader dengan bimbingan petugas kesehatan dan pihak lain terkait pemberdayaan masyarakat.

Kader posyandu sebaiknya mampu menjadi pengelola posyandu karena merekalah yang paling memahami kondisi kebutuhan masyarakat di wilayahnya. Pengelola Posyandu merupakan orang yang dipilih, bersedia, mampu dan memiliki waktu serta kepedulian terhadap pelayanan sosial dasar masyarakat.

Agar upaya kesehatan usia produktif dan lanjut usia dapat berjalan baik, berkesinambungan dan terpadu, maka dilaksanakan peningkatan kemamouan kader tersebut yaitu berupa pelatihan atau workshop bagi kader yang merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan kader posyandu.

Narasumber dan fasilitator pada kegiatan ini, diambil dari Profesi IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Cabang Kota Kotamobagu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kotamobagu dan Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu.

Peserta pada kegiatan ini adalah Kader Posyandu se Kota Kotamobagu berjumlah 30 orang.