Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dan Kebugaran Jasmani pada HKN ke 59 Kota Kotamobagu Tahun 2023
Diposting pada : 27 November 2023 / Dilihat : 119

Indonesia saat ini berada dalam masa transisi epidemiologi, dimana dalam upaya pembangunan di bidang kesehatan menghadapi beban ganda penyakit. Satu pihak masih banyak penyakit infeksi/penyakit menular (malaria, demam berdarah dengue, leptospirosis,tuberkulosis, diare dan lain-lain) yang harus ditangani, di lain pihak semakin meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM) yang membutuhkan perhatian. Akan tetapi dalam 10 tahun terakhir masalah PTM belum menjadi perhatian banyak pihak. Hal ini dapat dilihat antara lain masuknya masalah PTM dalam target Millennium Development Goals (MDGs).

Berdasarkan kajian data yang ada, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan jenis penyakit tidak menular yang perlu mendapatkan perhatian dan penanganan segera. Demikian juga Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular juga telah menetapkan jenis penyakit tidak menular prioritas yaitu penyakit jantung dan pembuluh darah, Diabetes Mellitus (DM), penyakit paru kronis, kanker (khususnya kanker cervik dan payudara)

Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, Kamis 23 November 2023 menggelar kegiatan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas serta Kebugaran Jasmani, Kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 Kota Kotamobagu Tahun 2023, yang bertempat di Lapangan Bonobokon Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Kotamobagu ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung gaya hidup sehat dan mencegah penyebaran penyakit, dengan dampak yang diiharapkan yaitu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Kegiatan diawali dengan Olahraga jalan sehat dan senam serta diadakan penyuluhan, kemudian dilanjutkan dengan acara open seremonial Hari Kesehatan Nasional ke 59.  Selanjutnya dilaksanakan kegiatan di stand Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas.

Skirining yang dilaksanakan adalah : Wawancara untuk menggali informasi terkait riwayat penyakit, faktor risiko keturunan dan perilaku, pengukuran tekanan darah, pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kadar lemak darah dan dilaksanakan konseling.