Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas serta Kebugaran Jasmani di IKTGM Kota Kotamobagu
Diposting pada : 04 Desember 2023 / Dilihat : 94

Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dan Kebugaran Jasmani merujuk pada upya yang dilakukan oleh Pemerintah, organisasi kesehatan dan masyarakat umum, untuk mengurangi penyebaran penyakit dan memperomosikan gaya hidup sehat melalui aktivitas fisik. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, melalui seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Sabtu 2 Desember 2023 melaksanakan kegiatan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas serta Kebugaran Jasmani di IKTGM (Institut Kesehatan dan Tekhnologi Graha Medika) Kota Kotamobagu.

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu : Senam, Penyuluhan, Wawancara untuk menggali informasi terkait riwayat penyakit, faktor risiko keturunan dan perilaku, pengukuran tekanan darah, pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan dan konseling.

Gerakan ini mencakup beberapa aspek yang saling terkait :

  1. Pengendalian penyakit prioritas yaitu untuk mengendalikan dan mengurangi penyebaran penyakit yang memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan masyarakat. 
  2. Kebugaran jasmani yaitu untuk memperomosikan kebugaran jasmani dan aktivitas fisik sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat. Aktifitas fisik yang cukup dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.