Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dan Kebugaran Jasmani di SMA Negeri 3 Kotamobagu.
Diposting pada : 06 Desember 2023 / Dilihat : 165

Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu melalui Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat menggelar kegiatan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dan Kebugaran Jasmani di SMA Negeri 3 Kotamobagu pada hari Selasa, 5 Desember 2023.

Beberapa upaya yang dilakukan untuk mendukung gerakan tersebut meliputi :

  1. Peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyakit dan pentingnya aktifitas fisik dalam menjaga kesehatan.
  2. Menyediakan fasilitas dan lingkungan yang mendukung aktivitas fisik
  3. Melibatkan masyarakat dalam program-program komunitas yang mendorong aktivitas fisik.

Kegiatan yang dilaksanakan ini, diawali dengan pelaksanaan senam, kemudian diadakan penyuluhan dan selanjutkan pemeriksaan kesehatan seperti Wawancara untuk menggali informasi terkait riwayat penyakit, faktor risiko keturunan dan perilaku, pengukuran tekanan darah, pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan dan konseling.

Kegiatan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dan Kebugaran Jasmani memiliki peran penting dalam mencapai target pembangunan kesehatan. Hal ini dapat dilakukan jika masyarakat mau melaksanakan pola hidup sehat.

Pada kegiatan penyuluhan, terjadi komunikasi 2 (dua) arah dan timbul kesepakatan antara promotor dan peserta, yaitu :

  1. Bersama-sama berkomitmen untuk mendukung kegiatan pencegahan penyakit prioritas di Kota Kotamobagu.
  2. Peserta memahami tentang pencegahan penyakit prioritas dan kebugaran jasmani
  3. Peserta setuju untuk mengadopsi gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan sehat, menghindari merokok dan membatasi konsumsi alkohol
  4. Peserta setuju dan akan melakukan pemeriksan rutin, peserta akan mengingatkan diri sendiri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin terutama jika mereka memiki faktor risiko tertentu untuk penyakit tertentu.