Gerakan Cegah Stunting di Kota Kotamobagu Tahun 2023
Diposting pada : 27 November 2023 / Dilihat : 70

Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu melalui Seksi KIA dan Kesehatan Keluarga menggelar kegiatan Gerakan Cegah Stunting. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 Kota Kotamobagu Tahun 2023 pada hari Kamis 23 November 2023 di Lapangan Bonobokon Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu.

Sasaran kegiatan ini adalah ibu balita.

Tujuan dari kegiatan ini adalah : untuk menciptakan generasi penerus yang sehat dan bebas dari stunting.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu : Penyuluhan tentang pesan ABCD (A (Aktif minum tablet tambah darah), B (Bumil teratur periksa kehamilan minimal 6 kali), C (Cukupi konsumsi protein hewani), D (Datang ke posyandu setiap bulan), E (Ekskllusif ASI selama 6 bulan)), Pemberian vitamin dan susu kepada balita stunting, Pemberian vitamin dan susu kepada ibu hamil.

Meskipun saai ini Indonesia berhasil menurunkan angka prevalensi stunting hingga mencapai 21,6% pada tahun 2022 yang lalu, namun upaya pencegahan tetap harus dilakukan agar angka kasus stunting di Indonesia terus mengalami penurunan.

Tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta bersegera dalam melakukan konsultasi ke fasilitas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan, agar segala potensi penyakit pada ibu dan calon bayi dapat segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.